Face Shield Vs Masker, Mana yang Paling Rekomended?


Angka pasien yang terinfeksi virus corona di Indonesia terus meningkat sejak kasus positif dikonfirmasi pada bulan Maret lalu. Demi mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas, pemerintah getol menghimbau masyarakat untuk patuh terhadap aturan atau protokol kesehatan yang berlaku. Salah satu cara untuk melindungi diri dari risiko tertular virus corona adalah memakai masker. Toko yang jual masker kain bisa menjadi pilihan Anda untuk membeli produk masker yang berkualitas dan efektif menekan risiko terpapar virus corona.


Kelebihan masker kain

Selain masker, ada alat perlindungan diri berupa face shield atau penutup wajah yang terbuat dari bahan panel plastik yang bisa ditutup atau dibuka lebih fleksibel. Kira-kira penggunaan masker atau face shield yang paling efektif mencegah penularan virus corona? Yuk, simak kelebihan dan kekurangan masing-masing alat perlindungan diri ini!

1.                  Mampu menangkal virus corona hingga 60 persen

Tergantung dengan bahan kain yang digunakan, masker kain bisa menangkal virus corona hingga 60 persen, lho!

2.                  Lebih murah dan hemat

Pedagang yang jual masker kain menawarkan berbagai produk masker dengan harga yang murah meriah. Masker kain juga bisa dicuci dan digunakan kembali sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk beli masker atau APD yang lain.

3.                  Melindungi diri dari risiko polusi

Tidak hanya efektif menangkal virus corona atau virus lain, masker bisa melindungi diri Anda dari risiko polusi udara. Pemakaian di luar rumah sangat diperlukan untuk menunjang gaya hidup sehat di tengah kebijakan new normal.

Kekurangan masker kain

1.                  Bisa menyebabkan masalah kesehatan

Penggunaan masker kain yang terus menerus bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Kain yang digunakan memang harus terbuat dari 100 persen katun atau kombinasi yang bisa menyerap keringat. Tingkat kelembaban tinggi bisa sebabkan kuman atau bakteri bersarang hingga membuat kulit wajah alami peradangan. Jangan heran kalau jerawat, ruam atau komedo menjadi masalah serius akibat pemakaian masker dalam waktu lama.

2.                  Harus dilepas atau cuci ulang setiap 3-4 jam sekali

Masker kain tidak boleh dibuka atau disentuh dengan tangan berulang kali. Anda harus langsung mencuci masker setelah penggunaan untuk membunuh mikroba. Masker kain hanya bisa digunakan dalam waktu 3-4 jam saja di luar rumah, ya!

Kelebihan face shield

1.                  Memiliki efektivitas menangkal partikel virus lebih tinggi

Hal ini berlaku untuk Anda yang ingin meminimalisir terpapar droplet orang lain. Tetesan droplet akan mengenai material plastik lebih dulu atau tidak masuk ke area wajah Anda.

2.                  Bisa melindungi seluruh wajah

Kelebihan face shield bisa melindungi seluruh bagian wajahyang rentan terkena paparan droplet yaitu mulut, hidung dan mata. Face shield bisa mencegah Anda untuk menyentuh bagian wajah tertentu berbeda dengan penggunaan masker harian.

3.                  Bisa dicuci

Face shield tetap bisa dicuci  bersih atau mengelap material plastik dengan cairan disinfektan.

4.                  Harga terjangkau

Sama seperti masker kain, harga face shield terbilang murah dan bisa Anda dapatkan di pasaran.

Kekurangan face shield

1.                  Masih memiliki risiko terpapar droplet

Droplet yang keluar dari mulut atau hidung seseorang bisa berada di udara menjadi aerosol atau mikro virus. Risiko tertular virus corona masih tetap ada karena bagian samping kiri kanan yang terbuka.

Pakar merekomendasikan Anda untuk memakai masker dan face shield sekaligus yang efektif mencegah penularan virus corona lewat droplet hingga 97 persen. Masker bedah sangat diprioritaskan untuk tenaga medis, tetapi Anda juga bisa menggunakan masker kain yang lebih murah. Lagi pula kini banyak toko yang jual masker kain dan menyediakan masker dari bahan yang mudah menyerap keringat sehingga Anda tidak merasa ribet saat harus memakai masker dan face shield sekaligus.

Post a Comment

0 Comments