8 Jenis Bahan yang Digunakan Untuk Bikin Sepatu


Sepatu tidak pernah ada habisnya karena selalu diproduksi dengan model dan jenis yang baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Setiap proses bikin sepatu pastinya membutuhkkan bahan baku yang berbeda-beda setiap jenis, model, dan desainnya agar masyarakat tidak bosan dan dapat memilih sepatu sesuai keinginan mereka.



Bahan Baku Untuk Bikin Sepatu

Terdapat banyak jenis bahan untuk bikin sepatu dan biasanya bahan yang digunakan bergantung pada jenis sepatu yang akan dibuat. Bahan-bahan tersebut memiliki keunggulan masing-masing dan tampilan yang berbeda. Berikut beberapa bahan baku untuk membuat sepatu :

1.    Kulit Asli
Sudah banyak produk fashion yang terbuat dari kulit asli salah satunya adalah sepatu seperti sepatu jenis boots. Biasanya kulit yang digunakan adalah kulit sapi dan memiliki harga relatif lebih mahal namun harganya sepadan dengan kualitas dan gaya fashion yang didapatkan.

2.    Suede
Bahan Suede atau yang juga sering disebut sebagai bludru merupakan bahan yang juga terbuat dari kulit. Bedanya bahan kulit menggunakan bagian luar sedangkan Suede menggunakan bagian belakang dari kulit sehingga Suede juga disebut dengan kulit terbalik. Suede memiliki tekstur permukaan yang lembut dan halus karena terdapat sedikit bulu.

3.    Kulit Buk
Kulit Buk memiliki tekstur yang hampir mirip dengan bahan Suede namun yang membedakannya yaitu permukaan Buk yang sedikit lebih kasar dibandingkan dengan Suede. Proses penyamakan kulit yang digunakan beda sehingga menghasilkan tekstur permukaan yang juga berbeda. Umumnya Kulit Buk digunakan untuk sepatu kasual yang dikombinasikan dengan sepatu model boots.

4.    Kulit Lak
Kulit Lak memiki tekstur permukaan yang licin dan halus karena menggunakan proses finishing yang membuat Kulit Lak terlihat lebih mengkilat daripada bahan lainnya. Karena memiliki permukaan yang mengkilat, sepatu dengan bahan ini lebih tahan air dan perawatannya juga cukup mudah karena cukup di lap saja jika terkena noda dan tidak perlu disemir. Umumnya sepatu yang menggunakan bahan ini yaitu sepatu heels wanita dan sepatu PDH.

5.    Kulit Sintetis
Kulit Sintetis merupakan bahan bikin sepatu yang paling sering ditemui pada sepatu jenis apa saja dan menjadikannya sebagai alternatif sepatu kulit asli. Bahan ini merupakan bahan yang diproduksi oleh pabrik menggunakan campuran bahan kimia sehingga harganya lebih murah dibandingkan sepatu kulit asli.

6.    Denim
Banyak yang mengenal denim sebagai bahan untuk membuat pakaian jeans. Pakaian denim memang sedang tren namun ternyata kain denim juga bisa digunakan untuk membuat sepatu. Bahan ini juga cukup kuat dan tahan lama untuk dijadikan sebagai sepatu.

7.    Canvas
Canvas dikenal sebagai bahan untuk melukis namun canvas juga sudah digunakan untuk membuat berbagai perlengkapan seperti aksesoris, tas, hingga sepatu. Umumnya sepatu yang menggunakan bahan canvas yaitu sneakers. Sepatu yang menggunakan bahan canvas juga cocok digunakan sebagai sepatu custom atau sepatu lukis.

8.    Karet
Karet dihasilkan dari pengolahan getah karet yang sangat berguna karena banyak barang yang dapat dibuat menggunakan karet bahkan terdapat sepatu yang terbuat dari karet. Bahan karet memiliki sifat lentur, anti air, dan juga tahan lama sehingga menjadi bahan utama untuk membuat sepatu boots anti air namun sekarang sudah banyak sepatu fashion yang terbuat dari karet seperti sepatu slip on atau pantofel.

Inilah beberapa bahan baku yang digunakan untuk bikin sepatu. Masih banyak bahan yang digunakan bahkan terdapat bahan campuran dari bahan tertentu untuk menghasilkan kualitas sepatu yang diinginkan. Setiap bahan bahkan memiliki warna yang berbeda-beda untuk menambah desain sepatu.
Deskripsi : bikin sepatu memerlukan bahan yang cocok dan berkualitas untuk sepatu agar sepatu nyaman digunakan dan tahan lama.

Post a Comment

0 Comments