Mengulik Putri Jaenah, Si Cantik Penunggu Situ Leutik


Kota Banjar, memang tak lepas dari berbagai cerita mistik yang menarik. Seolah tak tersentuh oleh perubahan zaman, beberapa tempat di kota ini dipercaya masih memiliki keajaiban yang sulit di tangkap oleh nalar manusia.



Salah satu tempat yang memiliki berjuta kisah adalah Situ Leutik dengan sang penunggunya, yaitu Putri Jaenah. Lantas, siapakah sebenarnya putri cantik jaenah penunggu situs ini ?

Mengenal Situ Leutik, Danau Misterius di Banjar

Dilansir dari sumber harapanrakyat.com, Situ Leutik adalah sebuah danau yang terletak di desa Ciberureum Kota Banjar. Dahulu kawasan Situ Leutik merupakan hutan belantara, tak heran jika banyak cerita seram yang menempel pada kawasan ini. Danau ini menyimpan begitu banyak misteri, salah satunya adalah seorang putri cantik bernama Jaenah.

Jaenah adalah salah satu dari 7 putri ghaib yang ada di Situ Leutik, merupakan lelembut yang menyerupai seorang wanita cantik dan menghuni pohon Lame di samping Danau. Keberadaan putri Jaenah ini muncul setelah Pemerintah Kota Banjar melakukan pembangunan pada Situ Leutik. Untuk Saat ini, pohon tempat Jaenah bersemayam pun telah ditebang dan hanya menyisakan tunggulnya saja.

Meskipun ada banyak misteri yang ada di sekeliling Situ Leutik, namun Jaenah adalah sosok yang paling dikenal. Hal ini karena sosok ini sering menampakkan dirinya, serta mengganggu beberapa warga. Banyak cerita yang berasal dari tukang ojek,  tukang ojek tersebut mengaku bahwa ia bertemu dengan seorang perempuan yang dipercaya sebagai Jaenah.

Cerita Jaenah dari Tukang Ojek

Cerita yang dilansir dari harapanrakyat.com ini, diungkapkan oleh seorang warga dusun Pasirnagara yaitu Nini Nurjanah. Nini mengatakan bahwa, Jaenah adalah sosok lelembut terganas yang ada di sekitar Situ Leutik.  Banyak peristiwa aneh yang kerap terjadi akibat ulah hantu ini, bahkan beberapa diantanya menjadi korban.

Terdapat sebuah cerita yang melibatkan tukang ojek, menurut cerita terdapat tukang ojek yang mendapat penumpang seorang wanita yang mengaku bernama Jaenah. Perempuan tersebut minta diantar ke kawasan Situ Leutik, tukang ojek pun mengantarkannya ke tempat tujuan. Namun kengerian dirasakan oleh sanga tukang ojek, ketika mereka sampai di lokasi danau.

Tukang ojek terkejut ketika wanita cantik tersebut berjalan menuju ke arah Situ, perempuan yang bernama Jaenah itu terus berjalan hingga ke tengah danau dan kemudian menghilang. Melihat kejadian yang diluar nalar tersebut, membuat tukang ojek langsung tancap gas dan meninggalkan lokasi dengan rasa takut.

Petaka Bagi Pemancing di Danau Situ Leutik

Ada satu lagi sebuah cerita yang dipercaya masyarakat setempat terbukti benar adanya, yaitu sebuah kisah petaka bagi siapapun yang memancing di sekitar danau. Ketika seorang pemancing mengunjungi danau Situ Leutik, maka pemancing tersebut akan dibutakan oleh pengaruh ghaib Jaenah.

Putri Jaenah akan mempengaruhi seorang pemancing, dan apabila mereka terkena pengaruhya maka pemancing akan diberi imbalan ikan yang begitu banyak. Hasil yang berlimpah membuat pemancing ingin terus memancing di tempat ini, rasa ketagihan akan semakin muncul sehingga ia terus kembali untuk memancing di Situ Leutik.

Menurut cerita, keberuntungan tersebut membawa petaka bagi sang pemancing. Setelah mendapatkan begitu banyak ikan, ia menderita sakit dan seolah kerasukan makhluk halus. Apabila mereka memakan nasi, maka nasi satu bakul akan langsung habis. Bahkan ketika merokok pun, satu bungkus rokok bisa langsung habis seketika. Mereka yang mengalami sakit, maka keesokan harinya akan meninggal dunia.

Kejadian ini juga diungkapkan oleh warga dari dusun Cijambu, mereka mengaku setelah kematian para pemancing warga akan terdengar bunyi seperti musik dari arah Situ Leutik. Banyak warga yang percaya, bahwa suara musik tersebut adalah simbol penyambutan arwah pemancing oleh putri Jaenah.

Meskipun memiliki begitu banyak kisah yang mistis, namun untuk masalah kebenarannya kembali kepada kepercayaan masing-masing. Terlepas dari kisah Jaenah ini, kita tidak perlu takut untuk berkunjung ke lokasi Situ Leutik ini. Selama niat yang dimiliki baik dan berpegang iman kepada Allah, maka kita akan selalu berada di lingdungan-Nya.

Kota Banjar memang memiliki begitu banyak cerita yang menarik untuk dikupas, salah satunya adalah cerita mistis dari Situ Leutik. Terlepas dari kepercayaan masyarakat, sesungguhnya danau Situ Leutik ini memiliki keindahan yang luar biasa. Selama kita memiliki niat yang baik, tentu kejadian tak diinginkan pun dapat dihindari.

Post a Comment

0 Comments