Cara Tepat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak


Sistem kekebalan tubuh memegang peran penting dalam kesehatan seseorang termasuk anak-anak. Daya tahan tubuh si kecil masih rendah sehingga rentan terserang penyakit umum yang menyerang anak-anak, misalnya batuk dan pilek. Faktor kebersihan diri dan lingkungan sangat penting dalam menjaga kesehatan si kecil. Sebagai upaya menjaga sistem imun tubuh tetap terjaga, orang tua bisa memberikan Fitkidz multivitamin anak.


Tips Agar Anak Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh Kuat

Ada beberapa cara yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sejak bayi hingga ia tumbuh lebih besar sebagai berikut:

1.                  Memberikan nutrisi yang dibutuhkan si kecil
Bayi yang baru lahir memiliki sistem imun tubuh yang masih belum optimal. ASI bisa menjadi makanan utama yang memenuhi kebutuhan nutrisinya. Seiring pertambahan usia, pilihan makanan yang mengandung gizi tinggi sangat diperlukan agar sistem imun anak semakin baik. Salah satu jenis makanan yang harus diberikan pada balita adalah sayur dan buah-buahan. Sajian wortel, kacang hijau, yoghurt, brokoli, dan kacang-kacangan sangat baik mendukung pertumbuhan anak.

2.                  Memastikan waktu tidur anak tercukupi
Selain memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan Madurasa Fitkidz yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak, sebaiknya orangtua juga memperhatikan jam tidur anak. Anda harus tahu bahwa waktu tidur ideal untuk balita sekitar 12 sampai 13 jam, sedangkan anak prasekolah butuh waktu tidur 10 jam setiap hari. Tidur siang setengah jam bisa membantu anak-anak memulihkan tenaga dan konsentrasi mereka.

3.                  Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
Cara menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak adalah memberikan pengajaran mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Pastikan anak-anak selalu mencuci tangan setiap hendak makan atau setelah bermain. Tangan yang kotor rentan menularkan berbagai penyakit sebab bakteri pada tangan akan berpindah ke mulut. Jangan lupa untuk membersihkan mainan anak secara rutin, ya! Ajarkan berbagai cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan, misalnya membuang sampah ke tempatnya.

4.                  Mengajak aktivitas olahraga
Olahraga rutin bisa membuat tubuh lebih sehat dan produktif. Ajak anak-anak untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah seperti jogging, bersepeda atau kegiatan positif lain. Olahraga bisa membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

5.                  Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala
Guna meminimalisir resiko anak gampang sakit, Anda wajib melakukan pemeriksaan kesehatan si kecil ke dokter secara berkala. Pemeriksaan berkala bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan si kecil atau mengecek kemungkinan terkena gejala penyakit tertentu. Jadi, hilangkan pemikiran bahwa Anda harus pergi ke dokter saat anak sedang sakit semata. Toh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan si kecil termasuk menghindari pemberian obat antibiotik tanpa resep dokter di pasaran. Pemberian antibiotik pada penyakit yang disebabkan oleh virus bisa membuat bakteri resisten terhadap obat.

Selain beberapa cara meningkatkan kekebalan tubuh anak di atas, orang tua perlu melakukan pencegahan penyakit dengan menjaga kondisi sekitar yang kondusif. Jauhkan anak-anak dari asap rokok yang berbahaya untuk kesehatan mereka. Pengertian dari orang dewasa di lingkungan akan mendukung anak tumbuh lebih sehat dan kuat.

Berikan asupan makanan yang bergizi untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak. Berikan Madurasa Fitkidz yang efektif membantu sistem imun tetap terjaga maksimal. Terbuat dari bahan alami berupa Sari Phyllanthi, Madu, Vitamin B kompleks, Temulawak, Kurma, Lysine, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan buah hati tercinta. Dapatkan produk Madurasa terpercaya hanya di toko obat, apotek, supermarket atau marketplace favorit Anda sekarang juga!

Post a Comment

0 Comments