Ternyata 4 Warna Paspor di Dunia Beda Maknanya, Bagaimana Indonesia?

Ilustrasi Pasport
Bagi setiap orang yang ingin bepergian ke luar negeri, wajib hukumnya memiliki paspor. Hal itu berlaku untuk seluruh warga negara. Menurut PBB, ada 195 negara di dunia. Uniknya hanya ada empat warna paspor yang berlaku, yaitu biru, merah, hitam dan hijau.

Bukan sembarang warna, karena setiap warna punya makna tersendiri. Tidak ada warna acak yang dipilih untuk dijadikan sampul paspor suatu negara. Setiap negara memiliki alasan khusus untuk memilih satu dari empat warna paspor yang ada.

Jadi kalau Anda sedang mengantre pemeriksaan paspor dan kepo apa makna warna paspor, berikut bocorannya, dilansir dari The Sun.

Merah
Merah biasanya digunakan oleh negara-negara anggota Uni Eropa kecuali Kroasia. Selain itu warga negara dengan sejarah komunis seperti Slovenia, Serbia, Latvia, Rumania, China, Rusia, Polandia, dan Georgia memiliki paspor dengan warna sama.

Selain itu negara-negara yang tertarik bergabung dengan Uni Eropa seperti Turki, Macedonia, Albania juga mengubah paspor mereka menjadi merah beberapa tahun lalu. Sebelum Brexit, Inggris juga menggunakan paspor merah sebelum mengubahnya kembali menjadi biru.

Biru
Biru adalah warna paspor paling umum ditemukan. Warna biru merupakan simbol dari 'dunia baru' dan 15 Negara Karibia menggunakan warna ini untuk paspor. Negara blok Amerika Selatan termasuk Brasil, Argentina, dan Paraguai juga menggunakan paspor biru, sampul warna ini menjadi simbol hubungan dengan Mercosur, serikat buruh.

Salah satu paspor biru yang paling terkenal adalah yang dikeluarkan untuk warga negara Amerika Serikat.

Hijau
Sebagian besar negara-negara muslim menggunakan paspor berwarna hijau, termasuk Maroko, Arab Saudi dan Pakistan. Ini karena hijau dianggap sebagai warna favorit Nabi Muhammad. Selain itu warna hijau merupakan simbol alam dan kehidupan.

Beberapa negara Afrika Barat termasuk Nigeria dan Segal juga menggunakan paspor warna hijau, tapi huruf yang menandakan mereka termasuk ECOWAS (Economic Community of West African States).
Meski bukan negara muslim, Indonesia juga memiliki paspor berwarna hijau.

Hitam
Hitam merupakan warna paspor paling jarang ditemui, beberapa negara Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Congo, Malawi menggunakan warna hitam. Sementara warga Selandia Baru juga menggunakan paspor hitam karena hitam merupakan warna nasional mereka.


Post a Comment

0 Comments