Jangan Takut Teknologi Automasi Ciptakan Pengangguran

Ilustrasi Robot
Anggota Kongres Amerika Serikat asal New York, Alexandria Ocasio-Cortez mengatakan seharusnya pekerjaan tidak harus takut dengan teknologi automasi. Menurutnya masyarakat tak perlu dihantui kehilangan pekerjaannya akibat hadirnya teknologi automasi. 

Pernyataan anggota kongres Negeri Paman Sam itu berbeda dari sejumlah percakapan mengenai kekhawatiran soal teknologi automasi. Ada ketakutan manusia kehilangan pekerjaan akibat masuknya teknologi tersebut. Paling parahnya adalah banyak yang mengatakan automasi menyebabkan pengangguran skala besar pada manusia yang 'tidak terampil'.

"Kita harus senang dengan itu. Namun alasan kita tidak senang karena kita hidup pada masyarakat yang mana jika kamu tidak punya pekerjaan, kamu dibiarkan untuk mati, Dan itulah intinya, masalah kita," kata Ocasio-Cortez, dilansir laman Tech Crunch, Senin 11 Maret 2019. 

Respons terhadap topik ini kerap berakhir pada potensi penggunaan teknologi untuk menggantikan sejumlah pekerjaan yang dianggap 'membosankan, kotor dan berbahaya'. Dia mengatakan manfaat-manfaat yang diberikan teknologi tersebut pada masyarakat. Seperti akan lebih banyak waktu untuk melakukan sejumlah kegiatan. 

Itulah sebabnya, anggota kongres itu mengajak masyarakat untuk bersemangat menghadapi automasi. Dia juga menegaskan, tidak semua pekerjaan kreativitas terkait dengan gaji. 

"Lebih banyak waktu untuk mendidik diri sendiri, membuat seni kreasi, berinvestasi dan berinvestigasi ilmu pengetahuan, lebih banyak fokus pada penemuan, pergi ke luar angkasa, menikmati dunia yang kita tinggali," kata dia. 

Tanggapan Ocasio-Cortez ini direspon positif sejumlah orang. Novelis William Gibson dalam postingan di Twitter mengatakan, apa yang diucapkan anggota kongres tersebut sangat cerdas. 

Post a Comment

0 Comments