Moonton Akan Lebih Tegas Mengatur Transfer Pemain

Salah satu hero Mage/Support, Nana di Mobile Legends
Sama kayak liga-liga sepakbola terkemuka dunia, transfer pemain esports seperti di ranah Mobile Legends juga menarik untuk diikuti perkembangannya. Sayang, belum ada regulasi yang benar-benar mengatur perpindahan pemain di Indonesia. Hasilnya, seringkali terjadi transfer yang diduga ilegal alias poaching. Untuk menghindari hal tersebut, Moonton selaku pengembang pun komitmen akan lebih tegas dalam mengatur transfer pemain Mobile Legends di Indonesia

Komitmen ini ditegaskan langsung oleh Lius Andre selaku Indonesia Esports Manager Moonton. Dalam konferensi pers MPL Indonesia Season 3 yang dilaksanakan pada Selasa (15/1) di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Lius menjelaskan pemain profesional Mobile Legends yang akan pindah dari satu tim ke tim lain harus mengisi formulir khusus.

"Pemain yang ingin pindah harus mengikuti proses dan peraturan yang berlaku. Salah satunya adalah mengisi formulir perpindahan. Setelah itu baru disetujui Moonton yang akan mengesahkan transfer tersebut," jelas Lius kepada Kincir.com.

Menurutnya, peraturan ini dibuat untuk menghindari transfer ilegal yang kerap terjadi di ranah kompetitif Mobile Legends di Indonesia. Peraturan inipun akan diterapkan dalam MPL Season 3 sebagai gelaran Mobile Legends terakbar di Indonesia. Sanksi pun akan mengancam bagi tim yang terindikasi melakukan pendekatan ilegal kepada pemain tim lain.
Manager Moonton, Lius Andre
"Sekarang udah enggak bisa asal klaim pemain. Tim yang ketahuan melakukan poaching akan dihukum berupa denda hingga yang paling berat didiskualifikasi dari turnamen," tegas Lius.

Sayangnya, untuk sekarang peraturan transfer pemain ini baru bisa diberlakukan di MPL Season 3 sebagai turnamen resmi dari Moonton. Namun, Lius menyatakan akan memberlakukan peraturan yang sama di turnamen-turnamen besar lainnya. Menurutnya, butuh pematangan sistem sebelum benar-benar diterapkan agar peraturan dapat terlaksana dengan efektif. Untuk saat ini, baru roster lock dan sistem transfer window yang telah berjalan efektif selama gelaran MPL Indonesia yang udah berjalan dua Season.

"Kami enggak mau sembarangan mengeluarkan aturan. Semua harus benar-benar disiapkan secara dewasa matang. Intinya dari Mobile Legends dan Moonton enggak tutup mata. Kami semua peduli dengan prinsip fair play agar semua berjalan dengan baik dan lancar," tutup Lius.

Bagaimana tanggapan lo soal penjelasan di atas? Komitmen dari Moonton soal aturan transfer pemain tentu menjadi kabar baik bagi penggemar dan juga para tim yang ingin bersaing secara sportif. Semoga saja Moonton juga segera menerapkan peraturan transfer ini di turnamen selain MPL!

Post a Comment

0 Comments