Biar Gak Gampang Rusak, Begini 9 Tips Ampuh Merawat Earphone Kamu

Ilustrasi Earphone
Apakah earphone adalah salah satu benda yang gak bisa lepas dari keseharianmu? Jika iya, artinya kamu harus paham gimana cara merawatnya supaya barang kesayanganmu itu gak gampang rusak.

Caranya mudah, kok. Kamu cuma perlu ikuti 9 tips ampuh berikut. Simak, yuk!

1. Keringkan dan bersihkan dulu telingamu sebelum memakai earphone
Seringkali diabaikan, mengeringkan dan membersihkan telinga sebelum memakai earphone rupanya penting kamu lakukan, lho. Bila kondisi telingamu basah atau kotor saat memasang earphone, bukan gak mungkin earphone kamu bakal cepat korsleting dan ternoda.

2. Hindari menyetel audio dengan volume maksimal
Selain tidak baik untuk kesehatan telinga kamu, menyetel suara dengan volume maksimal saat memakai earphone juga rentan merusak komponen di dalamnya. Suara yang terdengar dari earphone bisa gak sejernih biasanya. Bahkan, earphone kamu terancam "bocor", di mana suara yang keluar dari earphone gak lagi teredam sehingga bisa terdengar dari luar meski diatur dalam volume rendah.

3. Selesai dipakai, segera cabut earphone dari gadget
Kenapa sih earphone harus buru-buru dicabut dari gadget setelah dipakai? Tentu saja agar benda kesayangan kamu itu aman dari asal tenteng dan asal taruh. Kalau kamu terbiasa kelupaan melepas earphone dari gadget, bukan gak mungkin kamu akan asal memasukkannya ke dalam tas yang berisiko terlilit dan bertumpukan dengan benda lain di dalamnya.

4. Gulung earphone-mu dengan cara yang benar
Nah, setelah dicabut, jangan asal taruh earphone kamu, ya. Kamu perlu menggulungnya dengan cara yang benar supaya earphone-mu bisa panjang umur. Caranya sangat gampang, kok. Kamu cukup memanfaatkan keempat jari tanganmu (selain ibu jari) untuk menggulungnya.

#Posisikan kedua kepala earphone pada telapak tangan
#Gulung kabel earphone memutari keempat jari tangan
#Sisakan kabel sepanjang kurang lebih 15 centimeter
#Setelah tergulung, lepas gulungan kabel dari jemari tangan
#Gulungkan sisa kabel yang tidak tergulung tadi sebagai pengikat
#Masukkan colokan earphone pada bagian tengah gulungan tadi
#Earphone-mu tampak lebih rapi sekarang

5. Simpan earphone di tempat tertutup dan aman
Setelah beres digulung, kamu tetap gak boleh meletakkannya sembarangan. Earphone kamu butuh tempat khusus agar performanya selalu prima. Hindari kebiasaan mencampur earphone dengan benda-benda lain di dalam tas tanpa lebih dulu membungkusnya dengan casing yang baik. Hal ini untuk mencegah kabel earphone dari gesekan dan tekanan dari benda di sekitarnya.

6. Jangan cuma dipakai, kamu juga harus rutin membersihkan earphone
Ini dia poin yang sering banget disepelakan orang. Mentang-mentang gak terlihat kotor, kamu jadi gak pernah sekali pun membersihkan earphone kamu. Padahal, karena sering dipakai, otomatis earphone kamu akan sering bersentuhan dengan debu, kuman, maupun bakteri yang ukurannya gak terlihat oleh mata.

Setelah ini, pastikan rutin bersihkan earphone kamu, ya. Caranya bisa dengan memanfaatkan sikat gigi untuk menggosok kepala earphone. Kamu juga bisa menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan cairan alkohol 70%. Eits, jangan khawatir. Alkohol ini lebih cepat menguap kok dibanding air. Gak perlu takut akan merusak earphone kamu.

7. Jangan asal meminjamkan earphone pada orang lain
Earphone itu layaknya sikat gigi dan pakaian dalam.     Penggunaannya gak boleh seenaknya berbarengan dengan orang lain. Bukan bermaksud pelit, tapi ini demi menjaga kesehatan telinga kamu dan telinganya. Baik kamu maupun mereka gak pernah tahu gimana kondisi telinga kalian masing-masing. Jika salah meminjamkan, earphone kamu bisa saja menjadi media penyaluran kuman dan bakteri.

8. Jauhkan earphone dari air
Meskipun ada earphone yang didesain khusus anti air atau waterproof, sebaiknya sih kamu tetap menjauhkan barang tersebut dari terkena air secara langsung. Sebab earphone adalah benda elektronik yang rentan terkena korsleting bila bersentuhan dengan air.

9. Terakhir, praktikkan secara rutin kedelapan tips di atas
Apa gunanya hanya dibaca tapi gak dipraktikkan secara rutin? Jadi, tips terakhir ini sebagai pengingatmu saja biar kamu mulai rajin merawat earphone-mu. Kamu tentu gak pengin kan teman setiamu itu gampang dimuseumkan karena rusak?

Gimana? Rupanya mudah sekali ya tips untuk menjaga performa earphone agar selalu awet. Sekali lagi, jangan cuma dibaca. Segera praktikkan, ya!

Post a Comment

0 Comments