Aplikasi Ini Bikin Malu Penunggak Utang, Mau Unduh?

Ilustrasi menggunakan handphone

Otoritas Provinsi Hebei di China menciptakan aplikasi untuk ponsel pintar yang memungkinkan pengguna mengetahui orang yang berutang dalam jarak 500 meter. Dengan aplikasi itu seseorang dapat melaporkan dan mempermalukan pengutang.

Cara ini disebut paling ampuh karena dalam beberapa tahun terakhir, otoritas China mengalami kesulitan untuk memaksa debitur membayar utang. Mempermalukan pengutang di depan umum merupakan cara yang paling populer.

Dilaporkan Oddity Central, aplikasi kontroversial ini dapat di akses melalui platform media sosial, WeChat. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi debitur yang dapat diakses melalui aplikasi, sehingga memudahkan seseorang untuk melaporkannya .

" Itu adalah bagian dari langkah-langkah kami untuk menegakkan keputusan kami dan menciptakan lingkungan yang kredibel secara sosial," ujar juru bicara Pengadilan Tinggi Rakyat Heibei.
Cara Kerja Aplikasi
Tahun lalu, pemerintah daerah Hejiang, Sicuhan, mulai menunjukkan wajah dan nama pengutang di video pendek yang diputar di bioskop sebelum pemutaran film pertama. Sekarang, otoritas di Hebei telah mengumumkan aplikasi yang dapat mendeteksi debitur dalam radius 500 meter.

Selain China, Rusia juga memperlakukan pengutang dengan cara tak biasa. Perusahaan fasilitas publik di Irkutsk menggunakan cara tak biasa untuk menagih.

Perusahaan itu memasang toilet kayu luar ruangan berlabel " Toilet untuk Debitur" di luar gedung apartemen. Cara itu untuk mengingatkan warga yang memiliki utang mengenai risiko kehilangan utilitas.

Post a Comment

0 Comments