Seragam pintar diterapkan di sekolah China agar siswa tidak bolos

Seragam siswa china ditanami chip
Sekolah-sekolah di China telah mulai menggunakan metode baru untuk mengawasi keberadaan siswa, yakni memberlakukan seragam pintar yang ditanami chip.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Senin, 31 Desember 2018, Global Times, publikasi yang dikelola pemerintah, melaporkan bahwa sekolah-sekolah di China saat ini sedang mempromosikan penggunaan seragam pintar, sebagai upaya meningkatkan pengawasan mereka terhadap kehadiran di sekolah dan keberadaan siswa.

Seragam ini telah diadopsi oleh lebih dari sepuluh sekolah di Provinsi Guizhou, Tiongkok Barat Daya dan Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok. Ketika siswa mengenakan seragam chip tersebut, otoritas sekolah akan menerima informasi yang akurat tentang masuk dan keluarnya mereka dari sekolah. Data secara otomatis dikirim ke orangtua dan guru.

Seragam dilengkapi dua keping chip di setiap bahu, kiri dan kanan, yang bisa bertahan hingga suhu 150 derajat Celcius, dan hingga 500 kali pencucian. Terdapat alarm otomatis, yang akan berbunyi jika siswa keluar dari sekolah tanpa izin terlebih dahulu. Begitu pula apabila siswa menukar seragam mereka.

Tak hanya itu, seragam pintar besutan perusahaan Teknologi Guizhou Guanyu tersebut juga menggunakan fitur pengenalan wajah untuk mengakses pintu-pintu sekolah. Berkat sistem dalam chip, lokasi siswa setelah pulang sekolah juga bisa terlacak.

Sistem ini sepertinya sangat membantu pihak sekolah dan orangtua. Namun bagi orang yang sangat menghargai privasi, tentu menjadi sebuah bentuk pelanggaran

Post a Comment

0 Comments