TEKNOLOGI - INI CARA ANEH BUAT KOMPUTER ANTILEMOT

TEKNOLOGI - INI CARA ANEH BUAT KOMPUTER ANTILEMOT
Komputer lemot pastinya sudah sangat ngeselin dan mengganggu kegiatan yang biasanya kita lakukan di komputer tersebut, salah satunya saat sedang bermain game online. 

Kali ini tidak perlu khawatir lagi, karena Ilmuwan Institut Teknologi Massachussets, Amerika Serikat bersama Singapore University of Technology and Design, telah menemukan trik membuat komputer bisa lebih cepat dengan memanfaatkan virus.

Caranya menggunakan rekayasa jenis memori menjadi lebih baik dengan memakai virus. Virus yang dipakai ilmuwan dalam konteks ini adalah virus biologi, bukan virus komputer.

Jadi, tim peneliti membiarkan virus bakteri bernama M13 memproduksi komponen tertentu yang bisa membuka sistem Phase-Change Memory ( PCM ) yang merupakan sejenis penyimpanan digital dikomputer. Nama PCM juga dikenal Phase-Change RAM ( PRAM ).

PCM merupakan jenis memori komputer non-volatile. Selain PCM, jenis memori non-volatile yakni ROM, flash memory, dan lain-lain.Sedangkan jenis memoru komputer Volatile yakni RAM.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal ACS Applied Nano Materials, untuk memproses data, biasanya komputer butuh waktu beberapa milidetik. Nah, dengan mengganti dua sistem PCM menjadi tunggal, maka PCM akan memangkas proses dan waktu tunda menjadi 10 nanodetik.

Di sisi lain, virus bakteri yang dipakai ini juga bisa menjadi solusi menopang kinerja PCM. Jadi untuk memproses PCM, saat ini manufaktur mengandalkan suhu tinggi untuk merusak gallium antimonide, salah satu bahan dasar yang diperlukan untuk mengembangkan sistem PCM.

Dengan menggunakan M13 maka virus ini menarik potongan-potongan gallium antimonide secara bersamaan ke dalam kabel yang bisa digunakan. Skema ini untuk menjaga suhu jauh untuk lebih rendah dan lebih efisien.

Efisiensi dan efektivitas ini membuat komputer lebih cepat dan sangat potensial kedepannya. Nantinya, skema memanfaatkan virus M13 ini akan terbuka untuk diterapkan pada sistem hardware komputer.


Post a Comment

0 Comments