TEKNOLOGI - SELAMAT TINGGAL KILOGRAM, INI PENGGANTINYA

TEKNOLOGI - SELAMAT TINGGAL KILOGRAM, INI PENGGANTINYA

Penghujung pekan ini bakal melahirkan kejutan bagi dunia fisika. Ilmuwan perwakilan dari 57 negara berkumpul dalam konfernsi General Conference on Weights and Measures ( CGPM ) di Versailles, Prancis, untuk mendefinisikan ulang satuan kilogram. Mereka akan memvoting satuan kilogram, dan kemungkinan ukuran itu bakal berubah. Jadi siap-siap aja ucapkan selamat tinggal pada satuan yang sudah bertahan selama 130 tahun terakhir ini.
Ilmuwan berpandangan sudah saatnya satuan massa itu didefinisikan ulang, sebab penyusutan dari perbandingan salinan alat yang dipakai untuk mengukur kilogram dibanding alat asli pengukur satuan kilogram, Le Grand K.

Konferens itu menegaskan satuan massa tersebut harus presisi. Untuk presisi, satuan ukuran massa itu perlu dikukur dengan menggunakan konstanka fisika.

Nah selama ini bukan cuma satuan kilogram saja yang dinilai kurang presisi karena tak memakai standar konstanta. Dari tujuh unit basis satuan Internasional System of Units ( SI ) ampere untuk satuan arus listrik, kelvin untuk satuan suhu, mol untuk satuan jumlah zat dan kilogram untuk satuan massa.

"Gagasan ini maksudnya dengan memiliki semua unit yang berdasarkan konstanta fisika, maka satuan unit itu definisinya stabil dan tak berubah dimasa depan, dan dapat diakses secara universal dimana-mana," 
Sebelumnya alasan ilmuwan untuk mendefiniskan ulang satuan kilogram ini adalah adanya penyusutan ukuran.

Temuan penyusutan itu didapatkan ilmuwan saat memeriksa satuan kilogram pada alat pengukur asli, Le Grand K itu lebih berat dari salinan alat tersebut.

Makanya, temuan ini mendorong ilmuwan untuk mendefinisikan ulang kilogram. Para ahli berpendapat, sudah saatnya definisi satu kilogram ini bukan ditentukan oleh objek fisik tapi melalui perhitungan konstanta fundamental.

Ilmuwan berpandangan, pengukuran dengan konstanta fundamental tidak akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga aman tidak akan ada penyusutan ukuran.

Post a Comment

0 Comments