HIDUP SEHAT - INI DIA BAHAYA DARI DIABETES , PENYEBABNYA , SERTA JENIS- JENISNYA


HIDUP SEHAT
- INI DIA BAHAYA DARI DIABETES , PENYEBABNYA , SERTA JENIS- JENISNYA


Diabetes adalah kondisi yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengubah gula darah menjadi energi. Tiga tipe diabetes adalah tipe 1, tipe 2 dan diabetes gestasional. Mengetahui berbagai faktor penyebab diabetes dapat membantu Anda terhindar atau mengendalikan penyakit ini.Jenis-jenis diabetes
Diabetes terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
Diabetes tipe 1
Dokter biasanya mendiagnosis diabetes tipe 1 pada masa kanak-kanak. Diabetes tipe 1 memengaruhi kemampuan tubuh memproduksi insulin. Hormon ini sangatlah penting dalam membantu tubuh memanfaatkan gula darah.
Tanpa insulin yang cukup, gula darah berlebih bisa merusak tubuh. 5 persen dari kebanyakan orang menderita diabetes tipe 1.
Diabetes tipe 2
Diabetes adalah kondisi yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin dengan benar. Tidak seperti diabetes tipe 1, penderita diabetes tipe 2 masih bisa memproduksi insulin.
Akan tetapi mereka tidak bisa memproduksi dalam jumlah yang cukup untuk menjaga dari kenaikan gula darah. Kondisi ini seringnya dihubungkan dengan faktor gaya hidup seperti obesitas.
Diabetes gestasional
Diabetes gestasional adalah kondisi yang menyebabkan wanita memiliki gula darah tinggi selama masa kehamilan. Kondisi ini hanya sementara dan dapat kembali normal jika ibu mampu untuk mengontrol gula darahnya kembali.

Apakah genetik memengaruhi faktor penyebab diabetes?

Ya, genetik menjadi salah satu faktor penyebab diabetes. Seorang pria dengan diabetes tipe 1 memiliki risiko 1 berbanding 17 untuk menurunkan penyakitnya ke anak-anaknya kelak.
Sementara bila diabetes tipe 1 dialami oleh wanita, maka anaknya memiliki risiko 1 berbanding 25, bila anak tersebut lahir ketika ibunya berusia lebih muda dari 25 tahun. Jika seorang wanita dengan diabetes tipe melahirkan pada usia 25 tahun atau lebih, risiko perkembangan diabetes tipe 1 pada anaknya adalah 1 berbanding 100.
Hal yang sama juga terjadi pada kasus diabetes tipe 2. Karena diabetes tipe 2 sering berhubungan dengan gaya hidup tak sehat, maka orangtua mungkin akan menurunkan kebiasaan buruknya kepada anak-anaknya kelak.
Seorang anak yang kedua orangtuanya terkena diabetes tipe 2 memiliki risiko 1 berbanding 2 terkena penyakit ini. Sedangkan anak-anak dengan salah satu orangtua yang memiliki diabetes tipe 2 sebelum usia 50 tahun, maka risiko mereka terkena penyakit ini 1 berbanding 7.
Wanita memiliki risiko tinggi terkena diabetes gestasional bila anggota keluarga mereka menderita diabetes.

Apakah lingkungan menjadi faktor penyebab diabetes?

Virus (jenis yang tidak diketahui) pada usia dini mungkin memicu diabetes tipe 1 pada beberapa orang. Dalam banyak kasus, seseorang juga cenderung terkena diabetes tipe 1 bila hidup di cuaca yang dingin.
Pasalnya dokter mendiagnosis pasien dengan diabetes tipe 1 saat musim hujan lebih sering daripada musim panas.

Gaya hidup apa saja yang dapat menjadi faktor penyebab diabetes?

Diabetes tipe 1 mungkin memiliki faktor terkait diet. Bayi yang tidak diberi ASI memiliki risiko diabetes yang meningkat. Hal yang sama berlaku untuk bayi yang diberikan makanan padat pada usia terlalu dini.
Diabetes tipe 2 sering berhubungan dengan gaya hidup. Faktor gaya hidup yang dapat menjadi pemicu diabetes termasuk:
  • Obesitas
  • Tidak aktif berolahraga
  • Merokok
  • Pola makan tidak sehat seperti banyak konsumsi makanan tinggi gula, berlemak, serta rendah serat

Adakah kondisi lain yang meningkatkan risiko saya mengalami diabetes?

Anda lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2 bila mereka memiliki kondisi berikut:
  • Acanthosis nigrican, kondisi kulit yang membuatnya terlihat lebih gelap dari biasanya
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi) lebih dari 140/90 mmHg
  • Kolesterol tinggi
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Pradiabetes atau kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak mencapai tingkat diabetes
  • Tingkat trigliserida 250 atau lebih
Wanita dengan diabetes gestasional yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg berada pada risiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Apakah faktor usia dapat memengaruhi risiko diabetes?

Kemungkinan Anda untuk mengalami diabetes meningkat seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, kebanyakan dokter seringkali merekomendasikan pasiennya yang berusia 45 tahun atau lebih untuk mengikuti tes diabetes, khususnya bila seseorang kelebihan berat badan.

Post a Comment

0 Comments