OLAHRAGA - 5 JENIS OLAHRAGA INI DIKLAIM BERBAHAYA

OLAHRAGA - 5 JENIS OLAHRAGA INI DIKLAIM BERBAHAYA

Olahraga, sesuatu yang sangat dianjurkan untuk kesehatan fisik maupun mental kita. Banyak para ahli kesehatan yang menyarankan untuk menjalankan olahraga teratur dalam program sehat kita. tetapi tidak jarang mnelakukan olahraga justru membuat kita cedera dan harus berakhir dirumah sakit.
Belum ada cara yang pasti agar bisa digunakan untuk mengukur tingkat bahaya yang dimiliki oleh berbagai jenis olahraga. Walaupun begitu, setidaknya dengan menggunakan survey olahraga yang mencetak banyak cedera dalam setahun bisa dijadikan ukuran tingkat bahaya yang dimiliki oleh jenis olahraga tersebut.

Berdasarkan pada data yang dimiliki oleh NEISS ( National Electronic Injury Surveillance System ) yang di peroleh dari survey penerimaan pasien darurat ( UGD ), menemukan lima olahraga yang memiliki jumlah cedera terbanyak.

1. SEPEDA
Sepeda adalah olahraga berbahaya? pasti ini adalah tanggapan yang akan kamu berikan. Olahraga sepeda ternyata lebih dipilih orang sebagai cara untuk bersantai sambil olahraga daripada untuk manfaat olahraga sebenarnya.

2. BASKET
Olahraga yang satu ini sering menjadi favorit para remaja dan juga orang dewasa. tetapi kamu perlu waspada, karena ternyata basket juga tercatat sebagai olahraga yang jumlah orang cedera yang tinggi dalam setahun. tercatat jumlah 258.225 kasus cedera untuk kelompok usia 15-24 tahun, dan 102.212 untuk kelompok usia 24-64 tahun. Yang lebih mengejutkan lagi untuk kelompok usia anak anak 5-14 tercatat kasus 165.240 orang cedera.

3. BASEBALL/SOFTBALL
Menggunakan pemukul berat adalah ciri khas dari olahraga yang satu ini. Hal ini juga yang memungkinkan terjadinya cedera untuk atlet olahraga ini, bukan? tetapi ternyata sebab utama cedera yang terjadi pada olahraga ini bukan karena pemukul, melainkan otot bahu yang robek akibat usaha untuk lempar jauh. Secara statistik jumlah pasien cedera yang di sebabkan oleh baseball dalam setahun mencapai 282.008.

4. SEPAK BOLA
Olahraga yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu di pertanyakan lagi. Sangat populer dan memiliki banyak penggemar, olahraga yang satu ini cukup rentat terhadap cedera. Secara statistik, total kasus cedera yang disebabkan sepak bola mencapai 226.142 dalam setiap tahun.

5. SKATEBOARD
Olahraga yang membutuhkan keterampilan sekaligus keberanian yang tinggi juga mencatat jumlah kasus cedera yang cukup tinggi. Dalam setahun olahraga ini telah menjatuhkan sekitar 130.627 orang. Jika didasarkan pada kelompok usia, kasus cedera yang terjadi pada anak anak 5-14 tahun berjumlah 58.891 untuk kelompok usia 15-24 tahun 130.000 orang.

Skateboard bisa dikatakan adalah transportasi yang menggunakan mode olahraga. Hal ini karena selain memiliki fungsi sebagai alat transportasi,skateboard juga dijadikan sebagai olahraga yang dipilih. Orang-orang lebih gemar menjadikan skateboard sebagai salah satu cara untuk bersenang-senang. 

Post a Comment

0 Comments