TRAVEL - TRIK HEMAT ONGKOS TRAVELING ANDA

TRAVEL - TRIK HEMAT ONGKOS TRAVELING ANDA


Suka traveling? Kemana biasanya anda melakukan perjalanan? ke tempat-tempat wisata di berbagai daerah yang terkenal atau berwisata keluar negeri? Atau, justru lebih menyukai lokasi-lokasi yang belum terjamah banyak orang?

Tidak masalah kemanapun anda traveling. yang terpenting adalah menyiapkan dana perjalanan yang memadai. Masalah ini sering kali terjadi dan menjadi kendala penggemar traveling menjelajah. Padahal suara hati sudah meronta-ronta, ingin melihat berbagai sudut dunia yang asing.

Sebenarnya traveling tidak selalu butuh budget besar. Jika mampu mengatur segala keuangan dan rencana perjalanan dengan matang. Anda bisa melakukan traveling yang tetap seru denagn budget minim.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk traveling hemat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati ongkos perjalanan, biaya akomodasi dan menginap, tiket masuk tempat wisata, dan lain-lain. Mudah-mudahan bermanfaat untuk perencanaan traveling anda.

1. Traveling hemat, Hindari High season.
Ini siasat paling mudah. Pada hari biasa atau low-season, tidak banyak orang berlibur. Anda pasti sudah berpengalaman, momen liburan sekolah, libur hari besar, tanggal merah adalah high season dimana banyak orang berlibur.
Pada momen ini, hampir semua harga biasanya menjadi lebih mahal berlipat-lipas sejak beberapa saat sebelumnya.

Mulai dari harga tiket masuk berbagai tempat wisata, tarif penginapan, tiket transportasi dan biaya biaya akomodasi yang lain. Bahkan harga makanan di area wisata pun bisa ikut menyesuaikan.

Risiko nya yah anda harus mengambil cuti dihari biasa. namun risiko itu sebanding dengan value yang bisa anda dapatkan: liburan ekslusif dengan budget minimum.

2. Rencanakan Anggaran
Ini sangat penting untuk persiapan traveling hemat. Selama traveling, Anda mesti bisa mengontrol pengeluaran. Karena itu, persiapkan segalanya dengan membuat anggaran biaya.  
Tentukan budget maksimal yang diperlukan untuk transportasi, penginapan, akomodasi, makan sehari-hari dan biaya tambahan untuk berjaga-jaga. Dengan membuat rincian biaya ini, Anda memiliki batasan pengeluaran. Dengan demikian Anda akan terhindar dari mengeluarkan biaya-biaya yang tidak perlu.

3. Ajak Teman, Traveling Lebih Murah
Kiat  lain untuk meminimasi pengeluaran saat berlibur ialah dengan mengajak teman untuk traveling hemat bersama. Semakin banyak teman yang diajak, maka biaya liburan akan semakin murah.
Anda bisa patungan untuk menyewa kamar atau penginapan dengan kapasitas bermuat banyak. Bahkan keperluan akomodasi yang lain, Seperti untuk transportasi, konsumsi, dan sebagainya.

Mau lebih hemat? Silakan pilih paket rombongan wisata yang biasanya lebih murah dibandingkan jika Anda berlibur sendiri. Namun kiat ini kurang cocok jika keinginan Anda adalah traveling sendiri atau hanya dengan orang terdekat.

4. Perjalanan Malam, Pangkas Ongkos Penginapan
Menyewa penginapan seperti hotel, motel, dan sejenisnya butuh dana yang tidak bisa dibilang sedikit. Jika ingin menghemat pengeluaran di pos ini, Anda  bisa melakukan trik ini : lakukan perjalanan saat malam.

Pilih jadwal pemberangkatan liburan di malam hari.  Dengan begitu, Anda sudah terhitung tidur dan menginap di kendaraan. Sangat efektif untuk memangkas biaya penginapan.
Setibanya di tempat destinasi, Anda bisa langsung mengeksplorasi berbagai tempat tujuan wisata. Cara ini efektif diterapkan untuk perjalanan liburan yang makan waktu hingga berjam-jam.

Misalnya, Anda ingin pergi berlibur ke Surabaya dari Jakarta dengan menggunakan kereta. 12 jam perjalanan yang Anda lakukan sudah efektif untuk memotong biaya penginapan. Syaratnya, Anda mesti bisa memanfaatkan untuk istirahat sebaik-baiknya. Agar saat sampai destinasi wisata, kondisi badan tetap segar.

5. Cari Penginapan Murah
Meskipun sudah memangkas biaya penginapan dengan perjalanan malam, bukan berarti Anda tidak butuh tempat menginap, bukan? Anda tetap perlu tempat istirahat.  

Hotel memang ideal untuk tempat istirahat dan paling umum dipilih oleh traveler. Namun  menginap di hotel butuh biaya tidak sedikit. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih opsi lain dengan menggantikan fungsi hotel sebagai tempat menginap. 

Mengenai keberadaan homestay, Anda bisa mencari informasinya melalui situs-situs traveling di media online.  Seperti airbnb dan homeexchange. Anda hanya perlu mendaftar di situs tersebut, dan membayar sejumlah tarif  menginap yang mereka pasang.  Biaya yang mereka pasang, sudah tentu di bawah tarif hotel.

Namun perlu diingat, selain memilih  dari sisi tarif, Anda juga mesti memperhitungkan lokasinya. Akan sangat baik jika penginapan tersebut, strategis. Artinya lokasi tempat menginap mudah dijangkau dari berbagai tempat. Hal tersebut akan menghemat biaya transportasi.

6. Pilih Transportasi Tepat
Memilih transportasi yang tepat juga akan mempengaruhi biaya perjalanan liburan Anda. Karena itu akan lebih baik jika Anda tidak terpaku hanya menggunakan moda pesawat saja. Untuk destinasi tertentu, traveling dengan moda pesawat seringkali justru mengeluarkan biaya besar.

Misalnya, jika Anda berencana untuk berlibur dari Jakarta ke Yogyakarta.  Maka pesawat bukan pilihan terbaik. Harga tiket pesawat ke Yogyakarta minimal Rp500 ribu untuk sekali jalan. Sehingga total biaya tiket perjalanan pulang – pergi sudah menghabiskan dana paling tidak satu juta rupiah? Cukup besar, bukan?
Untuk menghindari itu, Anda bisa menggunakan alternatif transportasi lain. Misalnya dengan bus yang harga tiketnya Rp200 ribuan untuk kelas eksekutif. Atau  dengan moda kereta api yang harga tiketnya sekitar Rp350.000 juga untuk kelas eksekutif. Memang akan makan waktu yang lebih lama, namun Anda bisa memanfaatkannya untuk menikmati pemandangan selama perjalanan. Sekaligus istirahat.

Tapi jangan lupa untuk memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan liburan, ya. Biasanya, harga tiket yang dipesan jauh hari, lebih murah dibandingkan tiket yang dipesan mendadak. Untuk lebih menghemat, Anda bisa mencari dan menggunakan promo tiket dari aplikasi-aplikasi online.

7. Bijak Membeli Oleh-Oleh
Saat liburan, biasanya oleh-oleh menjadi hal yang wajib dibeli sebelum pulang. Namun, terkadang harga yang mahal membuat kantong Anda kebobolan.
Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa mencari oleh-oleh di luar tourist spot.  Toko oleh-oleh di tempat wisata biasanya membanderol harga lebih mahal ketimbang di toko biasa. Carilah oleh-oleh yang murah  namun tetap memberikan kesan unik unik dan khas dari daerah tersebut. Misalnya hiasan rumah, t-shirt bergambar ikon kota wisata itu, cemilan tradisional, aksesoris dan lain-lain.

Ke manapun tujuan Anda, apakah mengunjungi tempat wisata lokal yang eksotis atau traveling ke luar negeri, ayo rencanakan traveling dengan cermat. Hati senang kantongpun aman.



Post a Comment

0 Comments