TRAVEL - RAHASIA YANG BIKIN MAKANAN DIATAS PESAWAT TETAP LEZAT

TRAVEL - RAHASIA YANG BIKIN MAKANAN DIATAS PESAWAT TETAP LEZAT

Saat setengah berlibur dan memilih menggunakan pesawat, hampir setiap maskapai menawarkan hidangan saat diatas penerbangan. Jika berpikir bahwa semua hidangan itu dibuat diatas pesawat, anggapan itu ternyata keliru.

Seluruh hidangan yang ada diatas ternyata telah disiapkan sebelumnya saat didarat. Menariknya hidangan tersebut tetap memiliki kualitas yang prima, meski telah dibuat beberapa jam sebelumnya. Lantas, apa rahasia yang membuat hidangan diatas pesawat tetap lezat dengan kualitas terbaik?

"Kami selalu menggunakan raw material ( bahan mentah ) dengan grade A. Kalau mungkin di hotel atau restoran masih bisa menggunakan yang grade B, kalau disini kami tidak bisa,"Ungkap Quality Manager Aerofood Catering Service Denpasar, Pratiwi Supartika, saat ditemui di Denpasar, Bali.

Aerofood Catering Service, sendiri adalah perusahaan yang bertanggung jawab untuk makanan diatas pesawat untuk lebih dari 20 maskapai yang ada maupun singgah ditanah air. selain itu, Tiwi juga menjelaskan bahwa dalam pembuatannya melalui proses yang sangat ketat dan berstandar tinggi.

Kami ada yang namanya Hazard Analysis Critical Control Point (HACPP), kita punya 5 tahapan, mulai dari recipe, kemudian kami cek expired date, suhu yang diberikan,"kata Tiwi.

Kemudian pada tahap penyimpanan juga diatur dengan suhu yang sesuai untuk menjaga kualitas. Kemudian tahapan penting yang menjaga kualitas makanan dalam waktu lama adalah denagn dimasukan kedalam blast chiller, atau menurunkan suhu drastis hingga 10 derajat celcius.

"Dimasukkan sampai 4 jam. Fungsinya menurunkan suhu signifikan agar mencapai kualitas,"kata dia.

Dengan demikian, makanan yang dibuat mampu bertahan dengan waktu yang cukup lama dan kualitas yang terjaga. Diatas pesawat sendiri, makanan tersebut tinggal dipanaskan kembali agar lebih lezat disantap.

Post a Comment

0 Comments