TEKNOLOGI - MANFAAT E-PASPOR JIKA ANDA MEMILIKINYA

TEKNOLOGI - MANFAAT E-PASPOR JIKA ANDA MEMILIKINYA
Mulai tanggal 1 Desember 2014, Pemerintah Jepang memberlakukan aturan bebas visa kunjungan selama 15 hari ke Jepang bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang memegang e-paspor. Hal ini tentu saja disambut gembira oleh para traveller Indonesia, karena mereka tidak perlu bingung atau repot membuat aplikasi visa kunjungan apabila ingin berlibur ke Jepang. Mereka cukup mendaftarkan e-paspornya di Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jendral Jepang di Indonesia.


E-paspor atau elektronik paspor, sering juga disebut paspor biometri, merupakan jenis paspor yang memiliki data biometri sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Data biometri tersebut disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor, yang berada di bagian depan paspor. Berdasarkan standard yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organisation (ICAO), chip ini berfungsi untuk menyimpan berbagai data biometri dari si pemilik paspor, mulai dari data biometri wajah, biometri sidik jari dan berbagai data pendukung lainnya. Sehingga hal ini membuat e-paspor lebih aman dibandingkan paspor biasa non elektronik.  



Jika e-paspor ini hilang, maka orang lain yang menemukannya akan kesulitan untuk menyalahgunakan atau memalsukan paspor tersebut, karena seluruh data biometri pemilik paspor sudah tertanam dalam chip paspor. Sehingga e-paspor diklaim lebih aman jika dibandingkan dengan paspor biasa non elektronik dan lebih ramah lingkungan karena mengurangi pemakaian kertas. Berbagai alasan inilah yang membuat beberapa negara menggunakan e-paspor, seperti: Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, Selandia Baru, Swedia, dan masih banyak lagi. Bahkan mereka mewajibkan orang asing yang datang berkunjung ke negaranya menunjukkan e-paspor. Jadi, jika Anda sering travelling ke luar negeri, sangat dianjurkan untuk memiliki e-paspor.


KEUNTUNGAN JIKA MEMILIKI  E-PASPOR

E-paspor memberikan beberapa keuntungan bagi pemiliknya dibandingkan dengan paspor biasa non elektronik, keuntungan tersebut antara lain yaitu:

  • E-paspor sangat sulit untuk dipalsukan atau disalahgunakan oleh orang lain, karena memiliki chip yang tertanam di dalam paspor yang berfungsi menyimpan data biometri pemilik paspor, sehingga lebih aman dibandingkan paspor biasa non elektronik.
  • Khusus di Jakarta dan Bali, pemegang e-paspor tidak perlu lagi mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi, namun dapat langsung menuju autogate dibagian penerbangan internasional untuk memindai e-paspornya dan terbang ke negara tujuan liburannya. Jadi Anda tidak perlu melewati proses pemeriksaan manual dari petugas bandara Indonesia. Bagi traveller yang sering bepergian keluar negeri, hal ini tentu akan mempersingkat waktu antrian di bagian imigrasi bandara.
  • Pemegang e-paspor dapat mengunjungi Jepang secara gratis selama 15 hari tanpa harus membayar visa. Anda cukup mendaftarkan e-paspor sebelum keberangkatan ke Jepang. Proses pendaftaran ini memakan waktu 2 hari kerja.

Berlibur dengan Aman dan Nyaman

Demikian ulasan mengenai keuntungan memiliki e-paspor di Indonesia. Apabila Anda seorang traveller yang suka bepergian ke luar negeri, sebaiknya segera membuat e-paspor. Sehingga dapat bepergian ke luar negeri dengan aman dan nyaman, bahkan dapat pergi liburan ke Jepang dengan bebas visa selama 15 hari. Ini tentu sangat menguntungkan dan sayang jika dilewatkan oleh para traveller. Semoga informasi diatas dapat membantu menghilangkan kebingungan Anda tentang manfaat dan pengurusan e-paspor. Untuk informasi lebih lengkap mengenai paspor dan e-paspor dapat Anda lihat di situs resmi imigrasi atau dapat menghubungi langsung call center Direktorat Jendral Imigrasi di nomor telpon (021) 5224658 ext. 2702. Semoga Anda menjadi traveller yang dapat menikmati liburan, sehingga liburan akan lebih terasa menyenangkan dan membahagiakan.


Post a Comment

0 Comments