GAYA HIDUP - JENIS MAKANAN YANG KALORINYA TIDAK LAYAK BAGI TUBUH

GAYA HIDUP - JENIS MAKANAN YANG KALORINYA TIDAK LAYAK BAGI TUBUH

Anda mungkin tak sadar bila makanan yang Anda sukai tidak memiliki nutrisi. Bahkan makanan favorit Anda itu justru dipenuhi dengan gula, lemak, dan kalori.
Jika ingin hidup sehat, sebaiknya hindari sejumlah makanan yang asupan kalorinya tidak layak bagi tubuh. Ataus jika memang sangat ingin konsumsi secara bijak dan lakukan sesekali saja. Apa saja, ya, makanan yang kalorinya tidak layak bagi tubuh.


Soda krim
Pedoman Diet AS menunjukkan ada bukti kuat bahwa minuman manis berkontribusi terhadap berat badan berlebih pada orang dewasa dan anak-anak. Anehnya, beberapa pilihan dalam kategori ini lebih baik daripada yang lain. Jadi lebih baik memangkas kategori minuman ini dari diet Anda.

Selai kacang rendah lemak
Amy Gorin, MS, RDN, pemilik Nutrisi Amy Gorin, merekomendasikan menghindari selai kacang rendah lemak. “Selai kacang menawarkan lemak yang mengisi dan jantung sehat. Tapi ketika lemak itu  dibuang atau dikurangi, tambahan gula dan bahan pengisi lainnya sering ditambahkan. Ketika Anda sedang berbelanja selai kacang, bacalah label bahan dan pilih satu yang hanya berisi kacang panggang," ujarnya seperti dilansir dari laman Reader's Digest.

Margarin
Amy Gorin mengatakan margarin telah dianggap sebagai alternatif yang sehat untuk mentega, tapi banyak versi mengandung minyak terhidrogenasi parsial atau bahan yang mengandung lemak trans yang berbahaya. Tambahan tersebut dapat meningkatkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat Anda, menurunkan kolesterol HDL yang bermanfaat, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.
”Alih-alih margarin, pertimbangkan untuk menggunakan sedikit minyak yang sehat untuk jantung, seperti minyak zaitun extra-virgin. Tapi berhati-hatilah saat memasak dengan minyak pada suhu tinggi.

Buah kalengan dalam sirup
Buah segar adalah komponen penting dari diet sehat. Tapi cara mempersiapkan buah mempengaruhi gizinya.
“Anda mungkin berpikir bahwa buah kaleng sama sehatnya dengan yang segar, tapi jika labelnya menunjukkan bahwa buah itu dikalengkan dalam sirup itu berarti buah tersebut mengandung gula yang ditambahkan padanya,” kata Gorin.
Dia menyarankan untuk membaca label bahan makanan Anda untuk memastikan tidak mengandung apa-apa selain buah. "Buah kaleng dalam jus atau air biasanya merupakan pilihan yang aman," tambah Gorin.

Es loli
Ketika musim panas tiba, es loli dan es serut rasa buah mungkin tampak seperti makanan yang sehat dan menyegarkan. Tapi sekilas saja bahan-bahan itu bisa mengubah pikiran Anda. Sebagian besar terbuat dari gula, gula, dan lebih banyak gula dengan rasa buatan, pengawet, dan warna.
Menambahkan gula adalah masalah, tapi sebuah artikel di Journal Neurotherapeutics menunjukkan warna buatan juga merupakan masalah kesehatan masyarakat dan telah dikaitkan dengan masalah perilaku pada anak-anak.
Pilih es yang dibuat terutama dengan jus, sehingga Anda mendapatkan beberapa nutrisi baik.

Permen kapas
Menurut  USDA Food Database, permen kapas adalah 100 persen gula. Satu ons berisi rata-rata 110 kalori dan 28 gram gula. Permen yang meleleh di mulut ini mungkin tampak ringan tapi tidak. Efeknya pada gigi Anda tidak cukup baik.
Panduan Organisasi Kesehatan Dunia terbaru yang tersedia merekomendasikan tambahan gula tak boleh lebih dari 10 persen kalori untuk mengurangi timbulnya gigi berlubang dan penyakit gusi. Itu setara dengan sekitar 38 gram gula untuk seseorang yang makan 1.500 kalori per hari.
Dengan ini, satu ons permen kapas memberikan kontribusi 73 persen dari batas harian yang direkomendasikan.

Minuman kopi
Ahli diet yang berbasis di NYC Natalie Rizzo, MS, RD, mengatakan beberapa kalori paling banyak yang dapat Anda konsumsi ditemukan dalam minuman kopi berpadu manis, seperti frappuccino atau karamel macchiato.
“Bagi saya, minuman ini menyamar sebagai kafein tapi lebih seperti makanan penutup. Minuman kopi manis dapat memiliki lebih banyak gula, lemak, dan kalori daripada kebanyakan makanan.”

Roti putih
Sepotong roti putih standar Anda memiliki sedikit nutrisi. Menurut USDA Food Database satu iris memiliki sekitar 150 kalori dan lebih rendah dalam serat. Roti putih memiliki daftar bahan-bahan pemutih juga, banyak di antaranya tidak dapat dikenali oleh konsumen rata-rata.

Dua bahan yang Anda tahu untuk dihindari adalah sirup jagung fruktosa tinggi dan gula tambahan, keduanya telah dikaitkan dengan peningkatan kejadian diabetes, menurut Journal Global Public Health.

Post a Comment

0 Comments